Sunday, June 18, 2017

Cara Kompres Video Tanpa Menurunkan dan Mengurangi Kualitas Video

Cara Kompres (memperkecil) Ukuran File Video

   Halo selamat datang di nbtekno, banyak sekali diantara kita yang kerepotan ketika ingin sharing video yang memiliki ukuran besar, entah untuk di upload ke media sosial ataupun sekedar dibagikan melalui bluetooth atau wifi(shareit).
   Karena hal seperti itulah, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel di blog ini, mengenai bagaimana cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video yang akan kalian kompres, sehingga dapat mengurangi beban ketika kalian ingin melakukan sharing video ke media sosial ataupun yang lainnya.
   Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas gambar maupun audio pada video tersebut. misalnya cara kompres video secara online, dan cara kompres ukuran video dengan aplikasi tambahan, kali ini saya akan membagikan cara kompres video menggunakan aplikasi tambahan, yaitu aplikasi pengompres video HandBrake, oke untuk cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas langsung saja bisa dibaca dibawah ini.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video :

  1. Yang pertama harus kalian lakukan adalah download aplikasi pendukung yang akan kita gunakan untuk mengompres video yaitu aplikasi HandBreak bisa kalian download di akhir post artikel ini nanti.
  2. Lalu jika sudah kalian download dan sudah kalian instal aplikasi HandBreak tersebut, sekarang buka aplikasi pengompres video tersebut.
  3. Setelah kalian buka aplikasi HandBreak tersebut, selanjutnya kalian cari video yang akan kalian kompres dengan cara pilih source selection yang "file", jika kurang jelas bisa dilihat bagian yang saya lingkari berwarna merah dibawah ini, pilih tersebut.
  4. selanjutnya silahkan kalian cara dan pilih video mana yang akan kalian kompres lalu klik open, dan tunggu proses loadingnya beberapa detik.
  5. Jika proses loading file sudah selesai, sekarang saatnya untuk menentukan lokasi file video hasil kompresan nantinya, silahkan kalian klik browse seperti bagian gambar yang saya lingkari berwarna merah di bawah ini dan berinama video hasil kompresan terserah kalian dan cari folder untuk penempatannya. lalu klik Save atau Simpan.
  6. Tahap terakhir yang harus kalian lakukan adalah klik tombol start encode pada aplikasi HandBreak yang ada di bagian atas berwarna hijau, seperti yang sudah saya tandai dengan lingkaran berwarna biru digambar atas, jika ada peringatan klik yes saja dan tunggu proses kompres videonya hingga selesai.
    Seperti itulah cara kompres ukuran video yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini di nbtekno, bisa kalian bandingkan ukuran video kalian sebelum dan sesudah di kompres, pengalaman saya pribadi pernah mencoba mengopres video 380an MB dan setelah di kompres hasilnya menjadi 65an MB, selain itu pada kualitas audio dan visual tidak berbeda jauh dan masih tetap jernih nyaman untuk ditonton. Semoga artikel yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat bagi kalian, jika masih ada yang kurang jelas atau sekedar ingin menyampaikan kritik bisa kalian tulis di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah. Terimakasih telah berkunjung di nbtekno :D.
Download HandBreak 32Bit || Download HandBreak 64Bit 

17 komentar

ane belum pernah nyoba nih ngompres video, dengan ini ane jadi tau..
makasih infonya gan

Yang bisa dikompres format apa aja gan? Video ane mp4 nih. Bisa ga?

Apakah bisa memformat semua jenis gan?

wah, ane juga pake nih aplikasi, lama banget compress nya

Bisa gk gan memformat videonya sampai ke kualitas blu-ray atau HD ?

Weh keren nie asik bisa kompress.

Oke gan silahkan dicoba semoga bermanfaat, oke samasama :D

Monggo gan :D semoga bermanfaat :D

Hampir semua format video bisa gan dari mkv, mp4, 3gp, dll :D, mp4 bisa gan saya juga sering kompres mp4 :D

Hampir semua format video bisa gan dari mkv, mp4, 3gp, dll :D

Untuk kecepatan bisa dipilih di bagian kanan gan :D, semakin lama semakin kecil file yang dihasilkan, dan sebaliknya gan :D

ada sepertinya gan:D lusa ane ulas lagi yang buat android deh :D

Maksudnya meninggikan kualitas gan?

Haha iya gan lumayan :D semoga bermanfaat gan :D

Sepertinya boleh juga dicoba nih gan... mengompres video ini beneran gak menurunkan kualitas nya kah?

Selain HandBreak, apalagi ya gan software utk kompress size video?